Tutorial

Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis di Microsoft Word

Daftar isi merupakan halaman penting yang harus kamu sertakan saat kamu sedang membuat buku, laporan atau karya ilmiah seperti skripsi dan makalah. 

Halaman daftar isi akan memudahkan pembaca kamu mengenai struktur karya tulis dan memudahkan untuk menuju halaman tertentu yang mereka inginkan. 

Bagi kamu yang sedang mengerjakan karya tulis ilmiah atau sedang membuat buku dengan menggunakan Microsoft, maka penting untuk mengetahui cara membuat daftar isi secara otomatis dengan hanya mengatur bagian Heading dan Sub-Heading pada dokumen kamu. 

Dalam artikel ini kami akan menunjukan kepada kamu bagaimana cara membuat daftar isi dengan mudah yang dapat kamu terapkan pada dokumen yang sudah jadi ataupun yang sedang dalam proses pengerjaan, simak panduannya di bawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis

[toc]

Mengatur Heading

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word adalah melakukan pengaturan pada Heading untuk tiap-tiap halaman dokumen kamu. Pengaturan Heading atau nama halaman merupakan elemen penting agar dapat men-generate daftar isi secara otomatis. 

Untuk melakukan pengaturan ini, yang harus kamu lakukan adalah mem-blok judul halaman dokumen kamu. 

Kemudian masuk pada menu Home, klik Styles dan klik kanan pada Heading 1 Lalu klik Modify.

Lakukan pengaturan berdasarkan panduan penulisan yang kamu ketahui, dalam contoh ini kami menggunakan pengaturan seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini.

Mengatur Sub-Heading

Jika sudah selesai mengatur bagian Heading halaman, kini saatnya untuk melakukan pengaturan pada Sub-Heading. Sub-Heading disebut juga sebagai sub-judul halaman yang berisikan pendalaman khusus pada judul halaman. 

Dalam daftar isi, sub heading akan ditempatkan dibawah heading sehingga penempatan dan urutannya akan tersusun rapi. 

Langkah pertama untuk mengatur Sub-Heading adalah melakukan Blok pada sub judul dalam dokumen kamu. 

Kemudian masuk pada menu Home, klik Styles dan klik kanan pada Heading 2 Lalu klik Modify.

Lakukan pengaturan berdasarkan panduan penulisan yang kamu ketahui. Dalam pengaturan ini kami menggunakan konfigurasi seperti pada gambar di bawah ini, jika sudah maka klik Ok.

Kamu juga dapat membuat Anak Sub-Heading jika dokumen atau karya tulis kamu memilikinya. Untuk pengaturannya hampir sama dengan pengaturan Heading dan Sub-Heading di atas. Kamu hanya perlu memilih Heading 3 dan mengaturnya sesuai keinginan kamu.

Membuat Halaman Daftar isi

Setelah kamu menyelesaikan pengaturan Heading dan Sub-Heading pada dokumen kamu. Kini saatnya kamu membuat daftar isi secara otomatis dengan mudah.

Pastikan kamu membuat satu halaman khusus untuk daftar isi kamu. 

Klik menu References, kemudian klik Table of Contents yang terdapat pada bagian kiri atas, pilihlah bentuk daftar isi yang kamu inginkan. 

Setelah kamu klik jenis daftar isi yang kamu inginkan, maka secara otomatis akan tercipta halaman daftar isi berdasarkan pengaturan Heading dan Sub Heading yang telah kamu lakukan sebelumnya. 

Edit Halaman Daftar Isi

Jika kamu melakukan revisi pada dokumen seperti penambahan atau pengurangan halaman, kamu juga perlu mengedit dan melakukan update pada daftar isi yang sudah kamu buat agar mengikuti pembaharuan yang kamu lakukan pada dokumen kamu.

Untuk mengedit halaman daftar isi, kamu perlu mengklik area kosong pada daftar isi.

Pada bagian atas, kamu akan mendapati toggle berbentuk segitiga yang mengarah ke bawah.

Klik toggle tersebut dan akan terbuka jendela yang menampilkan beragam opsi, kamu hanya perlu klik Update Table of Contents maka daftar isi kamu akan diperbaharui menyesuaikan perubahan yang kamu lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *